Proposal Usaha
Martabak Tahu Kriyuk
Nama :
Aprilia Putri
Laely Hafsyah
Kelas : 2DF01
A.Rencana
bisnis
1.
Latar belakang
Usaha adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan
memperoleh hasil yaitu
keuntungan dan laba. Dari keuntungan tersebut dapat meningkatkan taraf
hidup orang banyak. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam memulai usaha, salah
satunya yaitu berinovasi, yang menghasilkan sesuatu yang baru. Dari produk yang
telah diinovasikan tersebut kita dapat menarik perhatian orang banyak, misalnya
berinovasi dalam segi bentuk, rasa, dan lainnya. Dengan ini kami membuat
inovasi pada produk kami, yaitu martabak tahu kriyuk. Kami menginovasi
bentuknya agar menarik karena belum pernah ada inovasi seperti yang kami buat.
Maka inilah Martabak Kriyuk.
2. Visi dan Misi
o
Visi
Menarik hati konsumen pada kelembutan dan kenikmatan dari martabak tahu serta
kriyuknya.
o
Misi
Memperkenalkan martabak yang sehat, rendah lemak, dan ada kriyuknya.
3.
Analisis Bisnis
a.) Kekuatan
o
Halal, Ekonomis bagi kalangan masyarakat.
o
Rendah lemak dan bersih dan bergizi.
o
Produk tidak menggunakan bahan pengawet dan zat yang berbahaya.
b.) Kelemahan
o
Produk yang kami tawarkan merupakan jajanan rakyat
yang banyak tersedia di berbagai tempat
o
Produk yang kami tawarkan tidak bertahan lama
c.) Peluang
o
Banyak penjual lain yang menjual martabak tahu namun masih menggunakan bahan pengawet, sedangkan produk kami tidak menggunakan bahan
pengawet, terjamin kebersihannya.
o
Produk kami masih mempertahannkan rasa asli dari produk
dan berinovasikan dengan menambahkan
kriyuknya.
d.) Hambatan
o
Produk yang kami tawarkan banyak di pasaran dan banyak
pesaing lain
o
Produk yang kami tawarkan, jika di konsumsi tidak
hangat, maka sedikit kurang enak.
B. Analisis Pasar
Analisis pasar adalah suatu penganalisaan atau penyelenggaraan
untuk mempelajari berbagai masalah pasar berupa, lokasi pasar, luasnya pasar,
sifatnya pasar, dan karakteristik pasar.
a) Produk yang akan
dijual
Produk yang akan kami jual adalah produk yang sehat,
rendah lemak, dapat di konsumsi oleh kalangan masyarakat yaitu martabak tahu
kriyuk.
b) Penawaran dan
Permintaan
Masyarakat menyukai hal yang sehat juga mereka tidak
ingin salah pilih, apalagi soal makanan. Produk yang kami jual adalah martabak
tahu kriyuk yang sudah pasti masyarakat mengetahuinya dan ditambah dengan
kriyuk yang renyah serta yang terpenting adalah rendah lemak. Tidak menggunakan
bahan pengawet.
c) Harga Jual Produk
Harga jual produk yang kami tawarkan kepada konsumen
yaitu Rp. 3.000
C. Analisis Produksi
a. Analisis Produk Martabak Tahu
Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan martabak
tahu kriyuk adalah sebagai berikut:
o
Tahu besar 5 buah
Rp 15.000
o
Kulit lumpia 50 lembar Rp 15.000
o
Telur ayam 3
butir Rp 4. 500
o
Bawang daun 5 batang Rp 2.000
o
Wortel 1/4 Rp 3.000
o
Minyak goreng 1 liter Rp 13.000
o
Gas 3kg
Rp 15.000
o
Garam 1
bungkus Rp 3.000
o
Lada 3 bungkus Rp 6.000
Total Rp. 76.500
D. Analisis Resiko Bisnis
Resiko pada bisnis kami ini yaitu, produk kami lebih
enak di konsumsi saat masih hangat atau namun walaupun tidak hangat kriyuknya
masih tetap renyah walaupun sudah dingin. Produk martabak tahu kriyuk kami ini
tidak tahan lama, dalam sehari harus di distribusikan kepada konsumen dengan
tarhet harus terjual tanpa sisa.
E.Proyeksi Keuangan
o
Rencana anggaran Biaya
Untuk anggaran Martabak tahu
–
Tahu besar 5 buah
Rp
15.000
–
Kulit lumpia 50 lembar Rp 15.000
–
Telur ayam 3 butir
Rp 4. 500
–
Bawang daun 5 batang Rp 2.000
_ Wortel 1/4
Rp 3.000
–
Garam
Rp
1.500
_ Lada
3 bungkus Rp 6.000
–
Gas 3kg Rp
15.000
_ Minyak Goreng Rp 13.000
Total pengeluaran martabak tahu Rp 76.500
o
Keuntungan
–
Martabak tahu (per 50 buah)
Harga
jual 2.500/pcs
Rp
2.500 x 50 = 125.000
Untuk per
produk = harga penerimaan – harga pengeluaran
= Rp 125.000 – Rp 76.500
= Rp 48.500
o
Prediksi penjualan
– Target penjualan produk
–
Martabak tahu 100 buah
– kegagalan : 5 %
kegagalan martabak tahu (3% x 100 buah) = buah
– harga jual produk : Rp 2.500/buah
– penerimaan
– Martabak tahu (100 buah – buah) x Rp 2.500 = Rp 267.500
o
Produksi Laba- Rugi
Untung = harga penerimaan – harga pengeluaran
–
Martabak tahu =
= Rp
F. Strategi Bisnis
Di dalam pemasaran kita harus pandai dalam mengatur
harga, tempat penjualan, melakukan promosi produk, dan salah satu cara berpromosi
adalah dengan menawarkan harga yang ekonomis bagi masyarakat. Kami juga membuka
peluang dengan memperbanyak orderan pesanan, dengan cara menghubungi kami via
BBM atau Whats App. Orang lain tak akan lupa bahwa kriyuk dari martabak tahu
kami renyah dan enak untuk di konsumsi.
1.) Mengatur Tempat Penjualan
Tempat berlangsungnya usaha kami berada di lingkungan
kampus Gunadarma dan lingkungan perumahan.
2.) Strategi Produk
Disini kami menawarkan jajanan dengan produk yang
sehat dan harga yang ekonomis.
3.) Promosi Produk
Kami mempromosikan produk kami dengan cara menawarkan
langsung kepada konsumen yaitu dengan datang langsung ke kelas-kelas para
konsumen saat sedang istirahat, dan menawarkannya ke mahasiswa serta dosen yang
berminat mencoba produk kami.
G.Rencana Aktifitas
Dalam rangka mencari keuntungan dan pengalaman dalam
berbisnis, usaha kecil kami adalah menawarkan produk martabak tahu kriyuk ini
kepada target kami yaitu kalangan mahasiswa, dosen dan masyarakat.
0 komentar:
Posting Komentar