PROPOSAL USAHA

Proposal Usaha
Martabak Tahu Kriyuk



Nama :
Aprilia Putri
Laely Hafsyah

Kelas : 2DF01

A.Rencana bisnis
1.      Latar belakang
Usaha adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil yaitu keuntungan dan laba. Dari keuntungan tersebut dapat meningkatkan taraf hidup orang banyak. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam memulai usaha, salah satunya yaitu berinovasi, yang menghasilkan sesuatu yang baru. Dari produk yang telah diinovasikan tersebut kita dapat menarik perhatian orang banyak, misalnya berinovasi dalam segi bentuk, rasa, dan lainnya. Dengan ini kami membuat inovasi pada produk kami, yaitu martabak tahu kriyuk. Kami menginovasi bentuknya agar menarik karena belum pernah ada inovasi seperti yang kami buat. Maka inilah Martabak Kriyuk.
      2. Visi dan Misi
o    Visi
Menarik hati konsumen pada kelembutan dan kenikmatan dari martabak tahu serta kriyuknya.
o    Misi
Memperkenalkan martabak yang sehat, rendah lemak, dan ada kriyuknya.
3.      Analisis Bisnis
a.)    Kekuatan
o    Halal, Ekonomis bagi kalangan masyarakat.
o    Rendah lemak dan bersih dan bergizi.
o    Produk tidak menggunakan bahan pengawet dan zat yang berbahaya.
b.)    Kelemahan
o    Produk yang kami tawarkan merupakan jajanan rakyat yang banyak tersedia di berbagai tempat
o    Produk yang kami tawarkan tidak bertahan lama

c.)    Peluang
o    Banyak penjual lain yang menjual martabak tahu namun masih menggunakan bahan pengawet, sedangkan produk kami tidak menggunakan bahan pengawet, terjamin kebersihannya.
o    Produk kami masih mempertahannkan rasa asli dari produk dan berinovasikan dengan menambahkan kriyuknya.

d.)   Hambatan
o    Produk yang kami tawarkan banyak di pasaran dan banyak pesaing lain
o    Produk yang kami tawarkan, jika di konsumsi tidak hangat, maka sedikit kurang enak.

B. Analisis Pasar
Analisis pasar adalah suatu penganalisaan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah pasar berupa, lokasi pasar, luasnya pasar, sifatnya pasar, dan karakteristik pasar.
a)      Produk yang akan dijual
Produk yang akan kami jual adalah produk yang sehat, rendah lemak, dapat di konsumsi oleh kalangan masyarakat yaitu martabak tahu kriyuk.
b)      Penawaran dan Permintaan
Masyarakat menyukai hal yang sehat juga mereka tidak ingin salah pilih, apalagi soal makanan. Produk yang kami jual adalah martabak tahu kriyuk yang sudah pasti masyarakat mengetahuinya dan ditambah dengan kriyuk yang renyah serta yang terpenting adalah rendah lemak. Tidak menggunakan bahan pengawet.
c)      Harga Jual Produk
Harga jual produk yang kami tawarkan kepada konsumen yaitu Rp. 3.000
C. Analisis Produksi
a. Analisis Produk Martabak Tahu
Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan martabak tahu kriyuk adalah sebagai berikut:
o    Tahu besar 5 buah           Rp 15.000
o    Kulit lumpia 50 lembar   Rp 15.000
o    Telur ayam 3 butir           Rp 4. 500
o    Bawang daun 5 batang    Rp 2.000
o    Wortel 1/4                       Rp 3.000
o    Minyak goreng 1 liter   Rp 13.000
o    Gas 3kg                         Rp 15.000
o    Garam 1 bungkus          Rp 3.000
o    Lada 3 bungkus             Rp 6.000

Total Rp. 76.500
D. Analisis Resiko Bisnis
Resiko pada bisnis kami ini yaitu, produk kami lebih enak di konsumsi saat masih hangat atau namun walaupun tidak hangat kriyuknya masih tetap renyah walaupun sudah dingin. Produk martabak tahu kriyuk kami ini tidak tahan lama, dalam sehari harus di distribusikan kepada konsumen dengan tarhet harus terjual tanpa sisa.
E.Proyeksi Keuangan
o    Rencana anggaran Biaya
Untuk anggaran Martabak tahu
–          Tahu besar 5 buah             Rp 15.000
–          Kulit lumpia 50 lembar     Rp 15.000
–          Telur ayam 3 butir             Rp 4. 500
–          Bawang daun 5 batang      Rp 2.000
_             Wortel 1/4                           Rp 3.000
–          Garam                                Rp 1.500
_             Lada 3 bungkus              Rp 6.000
–          Gas  3kg                                  Rp 15.000              
_             Minyak Goreng                                Rp 13.000

Total pengeluaran martabak tahu Rp 76.500
o    Keuntungan
–          Martabak tahu (per 50 buah)
                Harga jual 2.500/pcs
                Rp 2.500 x 50 = 125.000

Untuk per produk  = harga penerimaan – harga pengeluaran
                              = Rp 125.000 – Rp 76.500
                              =  Rp 48.500
o    Prediksi penjualan
–   Target penjualan produk
–          Martabak tahu 100 buah
–   kegagalan : 5 %
kegagalan martabak tahu (3% x  100 buah) =  buah
–   harga jual produk : Rp 2.500/buah
–   penerimaan
–  Martabak tahu (100 buah –  buah) x Rp 2.500 = Rp 267.500
o    Produksi Laba- Rugi
Untung = harga penerimaan – harga pengeluaran
–          Martabak tahu =
= Rp
F. Strategi Bisnis
Di dalam pemasaran kita harus pandai dalam mengatur harga, tempat penjualan, melakukan promosi produk, dan salah satu cara berpromosi adalah dengan menawarkan harga yang ekonomis bagi masyarakat. Kami juga membuka peluang dengan memperbanyak orderan pesanan, dengan cara menghubungi kami via BBM atau Whats App. Orang lain tak akan lupa bahwa kriyuk dari martabak tahu kami renyah dan enak untuk di konsumsi.
1.)    Mengatur Tempat Penjualan
Tempat berlangsungnya usaha kami berada di lingkungan kampus Gunadarma dan lingkungan perumahan.
2.)    Strategi Produk
Disini kami menawarkan jajanan dengan produk yang sehat dan harga yang ekonomis.
3.)    Promosi Produk
Kami mempromosikan produk kami dengan cara menawarkan langsung kepada konsumen yaitu dengan datang langsung ke kelas-kelas para konsumen saat sedang istirahat, dan menawarkannya ke mahasiswa serta dosen yang berminat mencoba produk kami.
G.Rencana Aktifitas

Dalam rangka mencari keuntungan dan pengalaman dalam berbisnis, usaha kecil kami adalah menawarkan produk martabak tahu kriyuk ini kepada target kami yaitu kalangan mahasiswa, dosen dan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar